Ads Header

Pages

Keju Syubhat Penyebab Lupa

Yang dinamakan syubhat adalah suatu barang yang hukumnya samar-samar, antara haram dan halal.Dalam kitab Arrisalah Al'aliyah dikisahkan bahwa awalnya tokoh sufi yang bernama Abu Yazid Albusthomi mudah lupa,terutama jika mendengarkan suatu kebaikan.Berikut Kisahnya.
Pada saat Abu Yazid menemui ibunya untuk menanyakan sesuatu,"Apakah ibu ingat, pernah memakan sesuatu yang haram atau subhat ketika mengandung atau menyusuiku, sebab jika mendengar kebaikan, aku mudah lupa," tanyanya.

"Anakku, suatu hari ketika sedang mengandung atau menyusuimu, aku melihat sepotong keju yang tergeletak di tempat si Fulan. Saat itu aku mengidam dan benar-benar menginginkan keju itu. Lalu aku ambil secuil keju dan kumakan tanpa sepengetahuan pemiliknya," tukas ibunya.

Mendengar jawaban ibunya, Abu Yazid segera menemui pemilik keju itu. Setelah bertemu dengan pemilik keju itu, ia menceritakan kekhilafan yang telah dilakukan oleh ibunya saat mengandung dirinya. Kepada pemilik keju itu, Abu Yazid merengek meminta maaf.

"Dahulu ketika mengandung, ibuku telah memakan secuil kejumu. Sekarang aku memohon agar engkau sudi memaafkannya, atau engkau tetapkan harga secuil keju itu, nanti aku akan membayarnya," kata Abu Yazid setelah bertemu pemilik keju itu."Ibumu telah kumaafkan dan apa yang ia makan telah aku halalkan," kata pemilik keju.

Sejak saat itu, Abu Yazid tak pernah lupa, bila mendengar kebaikan. Anggota tubuhnya semakin ringan untuk berbuat kebajikan.
portalpulsa, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online